Minggu, 14 Mei 2017

Teknologi Internet Berkembang Pesat

Kehadiran teknologi Internet dp bergerak telah disalahgunakan oleh sebagian kecil pihak untuk mengunduh konten musik bajakan yang merugikan si pembuat karya. Tercatat, ada 6 juta file musik digital yang diunduh secara ilegal oleh pengguna Internet di Indonesia.

Data ini diucapkan oleh Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Asosiasi ini sempat melakukan penelitian pada tahun 2013, yang mengatakan bahwa terdapat 430 ribu orang per bulan yang berkunjung ke 22 situs web musik bajakan, dan mereka mengunduh 6 juta file musik secara ilegal.

"Jika tema ac milan - tema blackberry maupun ringtone bbm - nada dering bbm serta huruf unik - karakter huruf unik dan ringtone bbm - ringtone lucu kita berasumsi harga paling rendah dari satu lagu itu adalah Rp 1.000, maka kita sudah rugi Rp 6 miliar per hari," ungkap Anggota Dewan ASIRI Toto Widjojo dalam jumpa pers penutupan 22 situs web musik bajakan di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (23/11).

Berlandaskan data ASIRI ini, berarti dalam sebulan industri musik rekaman mengalami rugi setidaknya Rp 180 miliar per bulan dan Rp 2,16 triliun per tahun.

Diketahui 22 situs yang aksesnya telah ditutup Kemenkominfo adalah: laguhit.com, mp3days.net, weblagu.com, wapkalagu.com, lagu.in, carilagu.net, bursalagu.com, beemp3s.org, arenalagu.com, saranmu.com, tubidy.im, stafaband.info, memomp3.com, zinzhu.com, mp3take.com, kumpulbagi.com, onlagump3.info, newlagump3.com, targetlagu.com, musik-corner.info, dan musicxplore.com.

Dengan adanya perintah pemblokiran ini, maka Kemenkominfo memperbarui daftar hitam situs web yang wajib di blokir penyedia jasa Internet dan penyelenggara infrastruktur telekomunikasi. Daftar tersebut diberi nama Trust Positif.

Perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengatakan, pihaknya telah menerima surat perintah pemblokiran pada pagi ini dan pemblokiran bakal mulai berlaku pada tengah malam ini.

"Sekarang kami sedang proses untuk pemblokiran situs-situs tersebut di internal," kata Tri Wahyuningsih, GM Corporate Relations and Communications XL Axiata.

Pihak Kemenkominfo berkata saat ini pihaknya masih menyelidiki identitas resmi pengelola 22 situs web musik bajakan.

Langkah pemblokiran ini diprediksi akan "mengajak" pengguna Internet untuk membeli konten legal atau setidaknya berlangganan layanan musik streaming yang pada akhirnya akan menguntungkan bagi pembuat karya atau pemegang hak cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

desaincatrumah.com carstren.com urumahminimalis.com dpbbmbaru.com baktikita.com lensarumah.com dpbergerak.xyz contohrumah.com tokobahan.xyz caraceks.xyz hargaonline.xyz caratips.xyz suaraxburung.xyz situsresep.xyz dplucu.xyz carahp.xyz postekno.com